celurit diseberang gambir

Boneka Gedebok pisang itu mencolok di ruang depan gedung Galeri Nasional. Dua boneka gedebog pisang. Di kiri kanan mengapit gambar proses kreatif sang seniman tercetak dalam digital print ukuran besar.

Memasuki ruangan tengah, belasan gambar dengan beragam teknik cetak berikut media cetak berupa logam, dari seng sari sampai tembaga terpacak apik dan rapi. Memvisualkan beragam ekpresi sang seniman dengan tema tidak jauh dari Isyu lingkungan dan main-main politik.

Yah.. Tisna sanjaya, malam tadi/ 18-12-2008 menghelat pameran tunggal di Galeri Nasional Jakarta. Mengusung tema besar Ideocracy, Tisna benar-benar habis-habisan kali ini. Beragam karyanya memenuhi dua ruangan di Galnas.
Dari “menginstal” mobil dengan tumpukan kanvas, seolah-olah meledek perdagangan lukisan yang sering tak manusiawi, sampai deretan air yang ditempatkan dalam wadah kaca berikut keterangan asal air. seperti ingin memperlihatkan keberagaman kwalitas air beserta problem rumit didalamnya.

Kemudian, yang  tertangkap dari keseluruhan pameran tunggal itu adalah, gelegak dahsyat penuh energi dari seorang Tisna sanjaya. Kekuatan energi kreatif yang melampaui tubuh gempalnya. Kekuatan tetapi tidak melupakan detail.

Yang juga layak dicatat adalah adalah kejeliannya mereplikasi lusinan celurit dalam berbagai media. Ada yang tertancap di boneka gedebog pisang. Ada yang direkatkan di kanvas. Di susun dalam bermacam komposisi. melahirkan estetika unik yang tak mereduksi fungsi celurit sebagai benda tajam.

Tentang celurit itu, saya sempat berpikir, sebenarnya ia bisa menjadi tema terpisah dengan kekuatan simbolik yang sangat kuat.
Celurit dengan sejarah kelam terkait dengan Gestapu misalnya. Atau celurit sebagai alat yang identik dengan kekerasan. Juga celurit sebagai alat pegangan sehari-hari para petani untuk menyabit rumput yang sama sekali tak mengesankan kekerasan. hanya berhenti sebagai alat.

Tak berlebihan kalau event pameran Tisna sanjaya kali ini disebut sebagai Persembahan akhir tahun yang “manis” untuk seni rupa indonesia.

Tinggalkan komentar